Daftar Joker123 idnlive idn poker Sbobet Mobile live22 sbobet88 casino prediksi sgp

Cara agar Tetap Sehat dan Aman dari Wabah Penyakit

Cara agar Tetap Sehat dan Aman dari Wabah Penyakit

Cara agar Tetap Sehat dan Aman dari Wabah Penyakit – Selama terjadi suatu wabah penyakit, orang mudah panik dan takut atas keselamatan diri. Hal penting yang harus dilakukan adalah mengikuti anjuran dokter ahli dan sumber-sumber lain yang layak diikuti.

Berikut adalah beberapa saran kesehatan yang bisa menjaga kita tetap bugar selama terjadinya wabah penyakit.

1. Bersihkan barang-barang yang rutin digunakan

Seperti halnya orang sakit yang menghindari tempat ramai, orang yang dalam kondisi sehat juga sebaiknya menghindari kontak dengan orang yang menunjukkan gejala sakit.

Selain itu, kita harus secara rutin membersihkan barang-barang yang biasa digunakan di rumah atau tempat kerja, cara ini bisa mengurangi kontak tak langsung dengan penular penyakit.

2. Masak makanan dengan layak

Bahan makanan bisa terkandung bakteri berbahaya dan memicu penyakit dengan memakan atau hanya menyentuhnya.

Melansir dari laman Daftar Live22 Sebagian besar bahan makanan, khususnya daging, ikan, dan telur harus dimasak dengan layak untuk membunuh bakteri. Normalnya, makanan perlu dimasak pada suhu 75°C atau lebih, dan sekurangnya 60°C saat dimakan.

3. Hindari kontak dengan hewan liar atau ternak

Beragam hewan bisa membawa kuman yang menularkan penyakit pada manusia. Dikenal sebagai penyakit zoonosis, mereka bisa menyebar lewat sentuhan, gigitan, dan bahkan karena tinggal di lingkungan yang sama dengan hewan.

Hewan ternak, seperti halnya hewan liar, bisa membahayakan manusia, khususnya selama terjadinya wabah penyakit.

Kapan pun, hindari kontak dengan hewan-hewan tersebut. Jika telah terjadi kontak, segera bersihkan diri setelah bersentuhan dengan mereka.

4. Bersihkan handuk sesegera mungkin

Orang cenderung punya kebiasaan memakai handuk yang sama berulang kali dan tidak mencucinya setelah dipakai, padahal itu tidak aman.

Handuk bisa menjadi tempat kuman bersarang, apalagi jika dipakai oleh orang sakit. Penting untuk selalu mencuci atau mengganti handuk agar tidak menjadi sumber penularan penyakit.

5. Jangan sampai dehidrasi

Saat kita merasa tidak sehat, tubuh akan lebih kehilangan cairan dibanding biasanya, maka kita bisa mengalami dehidrasi tanpa disadari.

Minum sekurang-kurangnya 8 gelas sehari, misalnya air putih, jus buah, atau susu. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein atau karbonasi.

6. Simpan persediaan makanan

Jika lingkungan kita mengalami wabah penyakit, kita mungkin tidak bisa sering meninggalkan rumah. Untuk mengatasinya, lebih baik persiapkan persediaan makanan dan air setidaknya untuk 2 minggu.

Simpan makanan yang tidak mudah busuk, misalnya makanan kaleng yang tahan lama. Selain itu, simpan juga tisu, produk pembersih, dan obat-obatan.

7. Bijak menggunakan masker

Umumnya, masker digunakan mencegah penularan penyakit, tapi biasa ditemui orang memakainya tidak benar.

Sebenarnya, masker harus digunakan oleh orang yang menunjukkan gejala sakit, bukan orang sehat dengan alasan agar terhindar dari penularan penyakit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *