Daftar Joker123 idnlive idn poker Sbobet Mobile live22 sbobet88 casino prediksi sgp

Cara Mengobati Psoriasis dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengobati Psoriasis dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengobati Psoriasis dengan Mudah dan Cepat – Ini merupakan penyakit kulit yang paling umum ditemui dan diderita oleh lebih dari 125 juta orang di dunia. Gangguan kulit kronis ini menyerang orang dari berbagai kalangan usia dan biasanya diwariskan melalui keturunan.

Kamu memiliki psoriasis dan merasa risih? Ingin menyembuhkan psoriasis, namun tak tahu harus memulai dari mana?

Berikut beberapa tips atau cara mengobati psoriasis secara mudah dan tentunya ampuh jika kamu melakukannya dengan benar.

1. Menggunakan krim pelembap

Perawatan psoriasis dilakukan untuk mengurangi peradangan dan membersihkan kulit. Perawatan ini dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu perawatan topikal, terapi cahaya dan obat sistemik. Memberikan krim pelembap merupakan langkah yang masuk dalam kategori perawatan topikal, ungkap laman Mayo Clinic.

Meski begitu, krim pelembap saja tidak bisa menyembuhkan psoriasis, melainkan hanya mengurangi gatal, kerak dan kekeringan. Pelembap berupa salep biasanya lebih efektif daripada krim atau lotion yang lebih ringan. Kamu bisa mengoleskan segera setelah mandi agar mengunci kelembapan.

2. Memakai asam salisilat

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan asam salisilat. Ini bisa meluruhkan sel kulit mati dan mengurangi kerak pada kulit. Biasanya, asam salisilat dikombinasikan dengan obat lain, semisal kortikosteroid, topikal atau tar batubara. Ini dilakukan untuk meningkatkan efektivitasnya, jelas laman Mayo Clinic.

Melansir dari Daftar Live22  Asam salisilat bisa menggunakan dengan atau tanpa resep dokter. Jika psoriasis terjadi pada kulit kepala atau sekitar rambut, maka gunakan sampo obat khusus yang mengandung asam salisilat.

3. Memakai kortikosteroid topikal

Memakai kortikosteroid topikal juga disarankan. Obat ini merupakan yang paling sering meresepkan untuk mengobati psoriasis ringan hingga sedang. Apa yang terjadi setelah memakai obat ini? Efeknya bisa mengurangi peradangan dan rasa gatal, serta bisa mengkombinasikan dengan jenis perawatan lain, ujar laman Mayo Clinic.

Salep kortikosteroid ringan biasanya merekomendasikan untuk area sensitif, misalnya wajah atau lipatan kulit. Sementara, salep yang lebih kuat pemakaian untuk area yang lebih kecil, kurang sensitif dan lebih sulit mengobati. Namun, efek negatifnya, kortikosteroid bisa menyebabkan penipisan pada kulit.

4. Bisa juga memakai vitamin D dan anthralin

Cara lain yang bisa kamu lakukan adalah memakai analog vitamin D. Faktanya, bentuk sintesis dari vitamin D dapat memperlambat pertumbuhan sel kulit. Kamu bisa memakai calcipotriene (dovonex), krim yang bisa merawat psoriasis ringan hingga sedang. Efek sampingnya, krim ini mungkin bisa mengiritasi kulit.

Obat lain yang bisa menggunakan adalah anthralin. Obat ini membantu memperlambat pertumbuhan sel kulit. Selain itu, anthralin juga bisa menghilangkan sisik, meski juga bisa mengiritasi kulit. Kamu bisa mencobanya dan mengetahuinya cocok atau tidak. Jika iya, lanjutkan perawatan. Namun jika tidak, hentikan dan cari opsi lain.

5. Memakai retinoid topikal

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan retinoid topikal. Ini merupakan turunan vitamin A yang bisa mengurangi peradangan. Tentu saja, ada efek sampingnya, yakni iritasi kulit. Obat-obatan ini juga bisa meningkatkan sensitivitas terhadap sinar matahari. Tipsnya, coba oleskan tabir surya (sunscreen) terlebih dahulu sebelum pergi keluar rumah.

Dari sisi lain, risiko memakai retinoid topikal lebih rendah daripada retinoid oral. Namun, tazarotene (salah satu retinoid) tidak merekomendasikan ketika seseorang sedang hamil atau menyusui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *